Notification

×

Kategori Berita

Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kado HUT RI Dari Rutan Kelas I Medan

15 Agu 2023, 17:43 WIB Last Updated 2023-08-15T10:56:15Z


.        Ka. Rutan dan Kasubsi Bimker

MEDAN( Sumatradaily.id ) || Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT- RI ) ke 78 Tahun, Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) Kelas I Tanjung Gusta Medan memberikan kado kepada Negara, khususnya Kemenkumham berupa kegiatan warga binaan melalui keterampilan pembuatan Paving Blok dan Batu Batako diareal rutan. Dalam pembuatan Paving Blok dan Batu Batako tersebut, para warga binaan yang memiliki skil atau keterampilan ditambah bimbingan ahli dari Balai Latihan Kerja Kabupaten Deli Serdang. Terlihat para warga binaan begitu semangat dalam mengolah bahan baku untuk dijadikan Paving Blok dan Batako, Selasa ( 15 / 08 / 2023 ).



Ketika di konfirmasi kepada Kepala Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan, Nimrot Sihotang didampingi Kasubsi Biimbingan Kerja (Bimker ) Tiopan menerangkan, kegiatan ini merupakan keterampilan warga binaan yang mana sebelumnya mendapat bimbingan tehnis dari kita dan dibantu dari BLK Kabupaten Deliserdang.


Disini kita terus memberi kesempatan bagi warga binaan yang memiliki keterampilan, tinggal kita poles untuk mempertajam kemampuannya dalam kegiatan pembuatan Paving Blok dan Batako. Sedangkan mesin untuk pencetak sudah kita siapkan, untuk kegiatan tersebut. Kami disini terus memberikan kesempatan kepada mereka sesuai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki masing-masing warga binaan. Bahkan kami memorivasi setiap kegiatan yang positif untuk bekal mereka kelak, " Jelas Tiopan mendampingi Kepala Rutan.


,

  Tiopan memberi Bimker pada warga binaan

Dikatakan Tiopan, " Selain mereka mengambangkan bakat atau keterampilannya, kita juga memberikan upah dari hasil karya mereka. Sehingga mereka merasa kerja diluar, lupa bahwa mereka sebagai warga binaan Bahkan kita juga membentuk koperasi untuk menyimpan upah para warga binaan. Apabila mereka selesai dari masa hukumannya, keluar dari rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan ini, mereka sudah kami bekali keterampilan dan modal yang mereka dapatkan dari pekerjaan selama disini.

,

Bahkan apabila modal yang mereka kumpulkan selama bekerja disini, kita akan memberikan tambahan modal dari koperasi yang sama- sama kita bentuk. Kalau dana untuk membeli bahan- bahan untuk pengelolaan, kita bisa pinjam dari koperasi. Nanti setelah karya atau hasil dari keterampilan mereka kita pasarkan kita kembalikan modal dari koperasi tersebut, "Ucap Tiopan.


Kegiatan pembuatan Paving Blok dan Batako ini, merupakan awal dari keterampilan warga binaan disini. Kita terus mendampingi dan membimbing mereka agar hasil yang mereka lakukan memiliki kwalitas dan muttu gak kalah saing dengan produk dari luar Rutan, " Jelas Tiopan.


Selain keterampilan pembuatan Paving Blok dan  Batako, ada beberapa keterampilan yang ditekuni warga binaan lainnya seperti, budidaya ikan koi, berternak, kebun, sepatu dan sandal, tas, bengkel las, sepeda motor, meubel, kaligrafi, meja kursi set dan lain sebagainya. Kita terus memantau kegiatan warga binaan dan memberikan pengarahan untuk keberhasilan mereka ketika keluar dari rutan ini, " Papar Tiopan mengakhiri wawancara langsung di lokasi. ( SD / HS )

Komentar

Tampilkan

  • Kado HUT RI Dari Rutan Kelas I Medan
  • 0

Terkini