Saat ini terdapat 28 pasar tradisional di bawah naungan PD Pasar Kota Medan yang dikelola dalam tiga cabang, masing-masing Cabang I meliputi Pusat Pasar, Pasar Sambu, Pasar Timah, Pasar Inpres Halat, Pasar Titikuning, Pasar Kemiri, Pasar Bakti dan Pasar Sambas. Cabang II meliputi Pasar Petisah, Pasar Petisah Lantai I Tahap I, Pasar Padang Bulan, Pasar Sei Sikambing, Pasar Muara Takus, Pasar Kwala Bekala, Pasar Kampung Lalang/Sungal, Pasar Helvetia, Pasar Simalingkar, Pasar Meranti Baru dan Pasar Induk Tuntungan. Cabang III meliputi Pasar Pendidikan, Sentosa Baru, Titi Papan, Glugur, Medan Deli, Labuhan, Kapuas Belawan dan Pasar Induk Mini Marelan.
"Pengelola di masing-masing pasar kita tekankan untuk meningkatkan pelayanan diantaranya kebersihan, keamanan, fasilitas umum dan ketertiban. Secara berkesinambungan kita melaksanakan gotong royong kebersihan lingkungan pasar yang melibatkan pengelola, pedagang dan masyarakat sekitarnya. Pelaksanaannya bekerjasama dengan pemerintahan kecamatan dan kelurahan serta organisasi kemasyarakatan di sekitar pasar," bebernya.
Selain perawatan kebersihan rutin, PD Pasar Medan juga memanfaatkan momentun hari-hari besar nasional untuk memotivasi kesdaran merawat kebersihan dan ketertiban pasar dengan melaksanakan lomba kebersihan. Khusus menyambut HUT-74 Kemerdekaan RI, PD Pasar mengadakan lomba kebersihan pasar di jajarannya. Lomba diikuti oleh seluruh pasar tradisional di jajaran PD Pasar Kota Medan.
"Setiap pasar akan didatangi oleh tim juri yang akan memberikan penilaian terhadap beberapa aspek pelayanan meliputi kebersihan lingkungan, penataan, perawatan fasilitas umum dan lainnya. Pasar terbaik akan mendapat penghargaan agar menjadi motivasi bagi yang lainnya juga agar terus meningkatkan kebersihaan dan pelayanan lainnya agar pedagang dan konsumen melaksanakan transaksi dengan nyaman dan aman," kata Rusdi menambahkan.
Menurut Rusdi, dengan cara meningkatkan kebersihan dan ketertiban pasar diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. Karena itulah, penting menumbuhkan kesadaran merawat kebersihan pasar sebagai tanggungjawab bersama antara pengelola, pedagang dan masyarakat pengunjung. Pasar yang bersih, aman dan nyaman akan meningkatkan kunjungan konsumen. Konsumen meningkat, berarti omset pedagang meningkat.
"Sesuai moto 'Medan Rumah Kita' kita juga menginginkan pasar bisa menjadi rumah yang nyaman dan aman bagi para pedagang dan pelanggannya," tutupnya. (nas)